4 Makanan Tingkatkan Imunitas Tubuh


VIVAnews – Perubahan cuaca masih tak menentu. Hal ini membuat tubuh kita mudah lelah dan rentan terserang penyakit. Selain tambahan multivitamin, Anda juga membutuhkan asupan bahan makanan yang tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Pola makan dan asupan nutrisi yang tak benar adalah salah satu penyebab rendahnya kekebalan tubuh,” kata William Boisvert, PhD, ahli gizi The Scripps Research Institute di California, AS.

Bahan makanan apa saja yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kekebalannya?

Daging sapi
Kekurangan zinc adalah salah satu penyebab menurunnya kekebalan tubuh. Sumber pangan yang kaya kandungan zinc adalah daging. Meskipun sedang berdiet, sebaiknya Anda tidak betul-betul meninggalkan daging. Sebab nutrisi penting di dalamnya sangat diperlukan tubuh. Anda hanya perlu mengonsumsinya sesuai aturan gizi seimbang.

Kandungan zinc dalam daging sangat diperlukan. Zinc membantu tubuh meningkatkan kemampuan mencegah peradangan dan infeksi. Zinc membantu tubuh memproduski sel darah putih yang menjadi tameng dari berbagai virus, kuman, dan bakteri.

Bahan makanan lain yang mengandung zinc adalah tiram, daging unggas, susu, dan yogurt.

Ubi
Anda mungkin tidak berpikir bahwa kulit adalah salah satu bagian penting dalam pertahanan tubuh. Tapi perlu diketahui, kulit adalah lapis pertama yang mencegah kuman, bakteri, dan virus masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, Anda perlu asupan vitamin A agar kulit tetap sehat dan kuat.

“Vitamin A memegang peran penting dalam memproduksi komponen penting dalam kulit,” kata David Katz, MD, Direktur Yale-Griffin Prevention Research Center.

Asupan vitamin A bisa diperoleh dari makanan yang mengandung beta karoten. Selain wortel, Anda bisa memperoleh beta karoten dari ubi merah. Dalam setiap gram ubi merah hanya terkandung 170 kalori, tapi bisa memberi 40% asupan vitamin A.

Jamur
Selama berabad-abad, manusia di seluruh belahan bumi meyakini manfaat jamur untuk kekebalan tubuh.

“Penelitian menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih, membuatnya lebih agresif. Hal ini sangat baik bila tubuh mengalami infeksi,” kata Douglas Schar, Direktur Institute of Herbal Medicine di Washington DC, AS.

Salah satu jamur termahal, shiitake adalah yang memiliki nutrisi paling baik untuk kekebalan tubuh. Jamur maitake juga memiliki manfaat yang sama. Anda bisa mengolahnya sesuai menu favorit Anda.

“Digoreng, dipanggang, tak masalah. Anda tetap dapat merasakan manfaat jamur untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Schar.

Teh
Saat sistem kekebalan tubuh Anda harus bekerja melawan kuman atau virus, terjadi perang dalam tubuh. Hal itu bisa menimbulkan terjadinya kerusakan sel tubuh dan DNA, yang bisa memicu timbulnya kanker atau penuaan dini.

Untuk itu Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan. Antioksidan dalam teh juga bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Teh hijau dan teh hitam kaya kandungan polifenol yang merupakan antioksidan yang baik.

• VIVAnews

One thought on “4 Makanan Tingkatkan Imunitas Tubuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s