Cara mengatasi Dehidrasi…dengan buah Blewah


Dehidrasi merupakan salah satu penyakit manusia yang sering dirasakan, yaitu gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh.

Dehidrasi dapat terjadi karena :
* Kekurangan zat natrium;
* Kekurangan air;
* Kekurangan natrium dan air.

Biasanya dehidrasi terjadi ketika kita merasakan panasnya hari. Karena itu kita butuh cairan untuk mengatasi dehidrasi. Cairan itu bisa didapat dari buah, salah satunya adalah Blewah.

Blewah (Cucumis melo L. convar. cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Jadi, Blewah merupakan salah satu buah mengatasi dehidrasi yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Buah yang satu ini mengandung kadar air yang cukup untuk mengatasi dehidrasi dan untuk menggantikan cairan tubuh juga untuk menyegarkan tubuh.

Blewah digolongkan sebagai makanan yang menyehatkan untuk jantung dan pembuluh darah, karena kandungan kalium Blewah sangat baik. Satu blewah bisa berbanding 16 kalium dan natrium. Dua zat ini bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Tugasnya bisa sebagai terapi darah tinggi, membersihkan karbondioksida dalam darah, dan dapat memacu kerja otot dan simpul saraf. Overload kalium juga tidak masalah, karena bisa memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan pastinya menyeimbangkan cairan tubuh. Dan kabarnya nih, kalium juga bermanfaat dalam menurunkan resiko serangan stroke.

Dalam blewah terkandung gula dan monosakarida yang tinggi, seperti sukrosa dan fruktosa. Kandungan air yang tinggi bisa mengatasi dehidrasi setelah pulang bekerja ataupun berbuka puasa. Kadar air dalam blewah bagus juga untuk penderita asam urat. Karena unsur airnya bisa memperlancar pengeluaran asam urat dalam tubuh. Selain itu, Blewah kaya akan kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah.

Notes:
Buah-buah lainnya yang dapat mengatasi dehidrasi : Jeruk, Apel, Semangka, dll (buah yang mengandung cairan). Kondisikan cairan yang dikonsumsi dengan suhu tubuh jika terkena dehidrasi, misalkan; jika sedang sakit, jangan meminum es krim/minuman dingin lainnya.

One thought on “Cara mengatasi Dehidrasi…dengan buah Blewah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s