Olahraga Ringan Lebih Efektif


Penulis : Team Andriewongso.com
Rabu, 22-Agustus-2007
Bagi Anda yang jarang atau malas berolahraga, barangkali hasil penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti dari Pusat Penelitian Universitas Duke ini akan mendorong Anda untuk rajin mengolah tubuh.

Menurut Cris Slentz, fisiologis yang turut melakukan penelitian, berolahraga yang ringan terbukti lebih efektif dibandingkan dengan olahraga berat untuk membebaskan diri dari diabetes dan gangguan jantung.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology itu menyebutkan bahwa olahraga ringan, seperti berlari-lari kecil atau jalan pagi, secara signifikan menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida ini dikenal sebagai partikel pengangkut lemak di sekeliling tubuh yang bisa menyebabkan diabetes.

Slentz menyebutkan bahwa memang jika dilihat secara kasat mata, olahraga yang berat akan memberi dampak lebih maksimal. Namun, dari hasil penelitian intens yang dilakukan, justru ditemukan fakta bahwa olahraga ringan adalah cara terbaik untuk mengontrol gula darah dan mengurangi risiko sakit jantung. Dan, dari fakta lain hasil penelitian, Slentz juga menemukan bahwa hasil olahraga ringan efek positifnya akan lebih lama dibandingkan olahraga keras. Jika melihat fakta ini, tak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s