KHASIAT BAYAM UNTUK PENGLIHATAN ANDA


mataTentu anda pernah melihat film kartun “Popeye” yang kalau dia sudah makan bayam muncullah kekuatannya yang di tandai dengan membesarnya otot-otot tendonnya. Ya …popeye mengetahui bahwa makan bayam dapat menambah kekuatannya. Penelitian modern juga mengungkap bahwa makan bayam juga dapat membantu anda memiliki penglihatan yang lebih baik. Rata-rata penglihatan manusia akan menurun seiring bertambahnya usia terutama pada usia kepala lima-(50-an). Tetapi kenyataan saat ini manusia yang relative masih muda bahkan anak-anak pun sudah banyak yang mengalami gangguan penglihatan.

Bayam kaya akan antioksidan dan zeaxanthin yang dapat melindungi retina dari kemerosotan kesehatan yang terjadi akibat penuaan.  Dan karena lemak dapat meningkatkan penyerapan lutein, jangan lupa menambahkan sedikit minyak zaitun dalam bayam yang anda masak.

Menurut Marzuki Iskandar, STP, MTP, Dosen Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Depkes RI Jakarta II, kandungan mineral dalam bayam cukup tinggi, terutama Fe yang dapat digunakan untuk mencegah kelelahan akibat anemia. Karena kandungan Fe dalam bayam cukup tinggi, ditambah kandungan Vitamin B terutama asam folat, zaman dahulu bayam dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan melahirkan. Baik mineral Fe atau asam folat berhubungan dengan produksi darah sehingga saat melahirkan, persediaan dalam tubuh cukup. Karena seperti yang kita ketahui, melahirkan akan mengeluarkan sangat banyak darah dan memungkinkan sang ibu kehabisan darah. Selain itu bayam juga baik dikonsumsi oleh wanita pada saat haid.

Tak hanya itu, kandungan asam oksalat dan asam folat juga membuat sayur bayam dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Misalnya mengobati eksim, asma, untuk perawatan kulit muka, kulit kepala dan rambut, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah sakit pada gusi. Tetapi manfaat yang besar adalah untuk mengobati rasa lesu, letih, dan kurang bergairah sebagai tanda kurang darah atau anemia.

Bayam juga sangat baik sebagai sumber protein, terutama asam amino. Bayam juga sangat baik sebagai sumber protein, terutama asam amino. Bayam memiliki asam amino yang sangat penting untuk pembentukan otak. Jadi, jika dilihat dari komposisi proteinnya, bayam sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Dari segi lemak, kolesterol dalam bayam nol, artinya bayam aman untuk dikonsumsi sebanyak apapun tanpa ada pengaruh kolesterol. Lemak yang terdapat dalam bayam juga termasuk lemak yang jenisnya baik, yaitu lemak tak jenuh. Vitamin dalam bayam sangat penting, misalnya vitamin A yang bagus untuk mata serta mempertahankan daya tahan tubuh, sehingga orang tak mudah terserang penyakit. Vitamin C dan E untuk antioksidan sehingga bagi yang rajin mengkonsumsi bayam, bisa memiliki kulit yang halus. Selain itu, antioksidan juga mampu mencegah radikal bebas. Kemudian posfor dapat dimanfaatkan untuk pembentukan tulang dan gigi.

Kandungan Negatif

Dapat kita lihat bahwa bayam sangat lengkap, mulai dari gizi makro, karbohidrat, protein sampai dengan zat gizi mikro. Meski begitu yang harus diperhatikan, dalam bayam juga terdapat kandungan senyawa kimia yang bersifat negatif, yaitu asam oxalate. Kandungan ini dapat menurunkan penyerapan beberapa kandungan zat gizi yang ada pada bayam seperti Fe, sehingga Fe hanya dapat disspinacherap sebanyak 53 persen dan kalsium sebanyak 5 persen. “Tetapi hal itu dapat diatasi,” kata Marzuki.

Caranya, sebaiknya bayam dikonsumsi setelah lebih dari lima jam atau dihangatkan karena akan menyebabkan asam oxalat larut. “Jangan dikonsumsi setelah lebih dari lima jam atau dihangatkan karena akan menyebabkan asam oxalat lebih banyak keluar,” jelas Marzuki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s